Cari Blog Ini

18 Maret 2015

Tugas Andragogy kelompok 8

SEMPURNA
(Sayur Enak Menyehatkan Penuh Warna)
Kelompok 8:
Agita Nova Purba (13-044)
Riza Indri Sri Metami Barus (12-011)
TrianA Hamidah     (12-017)
Yolanda Maranatha (13-080)
M. Firman Akbar (13-088)
Andrie Syahreza (13-096)

Latar Belakang
Seiring perkembangan jaman, segala jenis makanan seperti junk atau fast food semakin merajalela. Hal ini membuat pola hidup masyarakat, terkhususnya mahasiswa, menjadi tidak sehat. Bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari pada mahasiswa, makanan instan menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi sehari-hari tanpa memikirkan kandungan yang ada di dalamnya. Alasan lain dalam mengonsumsi makanan instan tersebut selain cepat, makanan ini harganya terjangkau. Itulah sebabnya mengapa makanan tidak sehat sangat akrab dengan kalangan mahasiswa.
Selain karena kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji, mahasiswa juga cenderung jarang dan bahkan tidak menyukai untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Dimana kita tahu bahwa sayur-sayuran merupakan sumber utama vitamin bagi tubuh manusia. Walaupun sayur dapat diganti dengan konsumsi beberapa suplemen yang sama kandungan vitaminnya, sayur-sayuran memberikan manfaat tambahan dari serat yang dimilikinya. Serat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan, membuat kulit cerah, menambah energi tubuh, serta memperkuat antibodi yang ada dalam tubuh.
Mahasiswa terkadang tidak peduli terhadap penyakit-penyakit yang mungkin muncul dari kebiasaan buruk tersebut. Sebagai contoh, jika tubuh kekurangan antibodi, tubuh menjadi sangat rentan terhadap penyakit mulai dari penyakit yang ringan seperti influenza sampai pada penyakit yang berat seperti hepatitis. Secara finansial, biaya yang akan dikeluarkan untuk pengobatan cenderung lebih besar daripada biaya yang akan dikeluarkan untuk gaya hidup sehat.
Permasalahan ini, jika dilihat dari kacamata andragogi dapat dibahas dalam konsep khit-pen. Konsep Khit-pen ini merupakan program-program pendidikan luar sekolah di Thailand. Khit-pen berarti mampu berfikir. Konsep Khit-pen berfikir secara kritis dan kecakapan memecahkan masalah.” Konsep tersebut dipahami sebagai pendekatan untuk melakukan proses belajar mengajar. Konsep Khit-pen ini didasari oleh filsafat budha. Pertama, hidup adalah penderitaan. Kedua penderitaan itu dapat diatasi, ketiga mengatasi penderitaan.” Bila ada permasalahan, bisa dicari solusinya, tapi sebelum itu sumber penderitaan harus diidentifikasi, dan kemudian baru mencari cara pemecahan yang baik. Konsep Khit-pen di kembangkan menjadi 4 dasar strategi.
Strategi pertama, sebelum merancang kurikulum, terlebih dahulu menentukan apa yang menjadi kebutuhan belajar dari peserta didik. Dalam penerapan strategi ini melakukan inventarisasi kebutuhan belajar mengajar. Stategi kedua, merencanakan satuan-satuan pelajaran dan proses-proses diskusi sedemikian rupa, sehingga setiap pertemuan (sesion)memberikan kesempatan untuk berlatih dalam pemecaham masalah. Melalui pemecahan peserta didik ternyata mengembangkan kemampuan kritis, berkaitan dengan keadaan-keadaan dalam kehidupannya sehari-hari atau fenomena sosial lainnya. Mereka telah mempunyai pengalaman yang dapat mereka sumbangkan dalam diskusi tersebut. Dalam diskusi, peserta didik bisa menuangkan demikiran pemikirannya. Mengasah kepercayaan dirinya dengan demikian, setiap satuan pelajar memberikan tekanan kepada warga belajar, untuk mengambil langkah pemecahannya. Dalam pendekatan tersebut tidak ada peserta didik diam atau tidak mengeluarkan pendapat karena mereka akan mengeluarkan masalah mereka sehari-hari. “ Dan pemecahan-pemecahan masalah itu, dicari dikembangkan sendiri oleh pesera didik, dan tidak dipaksakan kepada mereka oleh kurikulum.
Melalui konsep ini, kelompok berupaya untuk mensosialisasikan beberapa menu makanan dan minuman menarik yang berbahan dasar sayur-sayuran dan buah-buahan yang mudah untuk dibuat. Adapun menu makanannya adalah:
Nugget Sayur
Smoothies Sayur
Yang menjadi bahan utama dari menu makanan tersebut adalah sayur bayam, jeruk, pisang dan stroberi. Faktanya, bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam bayam yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi  tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap. Bayam juga berguna untuk mencegah kanker, memberi nutrisi pada jantung, meningkatkan memori otak, menjaga kesehatan mata,menyehatkan pencernaan, menutrisi tulang dan sendi serta menjaga daya tahan tubuh.
Buah jeruk memiliki vitamin C yang sangat baik untuk tubuh kita. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Sel;ain itu, buah ini mengandung D-limonene yang berguna mencegah kanker. Darah tinggi, radang sendi, perkembangan otak serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Begitu pula dengan Pisang dan Stroberi. Pisang merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Stroberi juga mampu menjaga suasana hati,  serta mempertajam daya ingat.
Melalui sosialisasi ini, kelompok berharap mahasiswa dapat meningkatkan minat dalam mengkonsumsi sayur-sayuran demi pola hidup sehat dan menghindari timbulnya penyakit. Adapun teknik sosialisasi ini adalah dengan mempresentasikan konsep pembuatannya serta proses pembuatan nugget dan smoothies dalam bentuk video yang dibuat oleh kelompok dan diputar didepan kelas.
Prosedur Pembuatan
Nugget Sayur
Bahan:
300gr daging ayam giling
30gr tepung roti halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, parut
2 butir telur, kocok lepas
25 g daun bayam, seduh air panas, cincang halus
50 g wortel, parut
50 g keju parut
Bahan pencelup:
2 putih telur
Bahan pelapis:
100 g tepung roti kasar
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Campur daging ayam giling, tepung roti halus, garam, merica bubuk, bawang putih parut, dan telur. Aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan bayam, wortel, dan keju parut. Aduk rata.
Tuang dalam loyang 20x20x4 cm yang dioles minyak dan dialas plastik.
Kukus selama 30 menit hingga matang, angkat, dinginkan.
Keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera.
Celup ke dalam putih telur, gulingkan di tepung roti kasar hingga semua permukaan terselimuti.
Panaskan minyak, goreng nugget bayam wortel dengan api sedang hingga matang dan berwaran kuning keemasan.
Angkat, tiriskan, sajikan bersama saus tomat dan saus sambal.
Spinach Orange Smoothie
Bahan:
1 ikat bayam, diiris
34 gelas air
34 gelas jus jeruk
2 buah stroberi
2 buah pisang
Cara membuat:
Masukkan 1 ikat bayam yang telah diiris, air dan jus jeruk, lalu blender.
Setelah halus, masukkan jeruk, stroberi dan pisang yang telah dikupas. Blender kembali.


Tuang ke dalam gelas dan nikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar